Apa Itu IELTS ?

Apa itu tes IELTS ? - Pentingnya mengetahui persiapan apa saja untuk melanjutkan studi keluar negeri, menjadi hal yang wajib bagi anda yang memiliki cita – cita ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Apalagi hal ini berkenan dengan English Proficiency Test seperti tes International English Language Testing System atau yang disingkat dengan IELTS. IELTS menjadi syarat mutlak bagi anda yang akan mengikuti pendidikan sekolah ataupun kuliah di luar negeri ( yang bahasa pengantarnya adalah bahasa inggris)

IELTS adalah International English Language Test System yang menguji kemampuan bahasa Inggris di seluruh dunia. Melakukan satu juta test secara global. IELTS adalah system pengujian bahasa inggris yang paling popular di dunia.

IELTS diwajibkan untuk anda yang berminat untuk melanjutkan studi di luar negeri dan English bukan bahasa pertama anda. IELTS dapat digunakan dalam jangka waktu 2 tahun. Kami sarankan anda sudah memulai persiapkan test ini dari SMP jika sudah minat melanjutkan SMA atau kuliah di luar negeri. Jadi saat SMA kelas 1 atau 2 (waktu yang disarankan untuk mengambil tes IELTS yang sebenarnya). Anda lebih siap dan mendapatkan hasil yang memuaskan.

 

Baca Juga : Kuliah di Kanada Murah dan Aman 

 

IELTS menggunakan scoring system untuk mendapatkan nilai tes secara konsisten. Anda akan mendapatkan skor tersendiri untuk masing – masing jenis tes, yaitu Listening, Reading, Writing dan Speaking serta nilai rata- rata keseluruhan dengan skala 1 sampai 9

IELTS memiliki empat bagian :

  • Listening (30 menit)
  • Reading (60 menit)
  • Writing (60 menit)
  • Speaking (11- 14 menit)

Total waktu tes adalah 2 jam dan 45 menit.

 

Listening Test

Tes Mendengarkan dalam IELTS, atau tes Listening, akan meliputi empat rekaman yang terpisah, dan masing-masing rekaman hanya akan diputar satu kali.

Tes ini bertujuan untuk mengetahui seberapa baik Anda dalam mendengar dan memahami percakapan dan monolog yang disampaikan oleh para penutur asli Bahasa Inggris. Akan ada bermacam-macam topik, yang diucapkan dengan aksen dan suara yang berbeda.

Ketika tes Listening dilaksanakan, rekaman audio hanya diperdengarkan satu kali saja. Anda akan diberikan waktu untuk membaca pertanyaan di kertas soal Anda sebelum rekaman suara mulai diputar. Sambil mendengarkan audio, Anda harus menjawab serangkaian pertanyaan berdasarkan apa yang Anda dengar.

Reading Test

Tes Membaca dalam IELTS atau biasa dikenal dengan tes Reading, memuat beberapa jenis konten bacaan. Lalu Anda perlu menjawab rangkaian pertanyaan berdasarkan isi teks bacaan tersebut.

Tes ini bertujuan untuk menilai seberapa baik cakupan keterampilan Anda saat membaca tulisan dalam Bahasa Inggris. Teknik yang diuji dapat berupa kemampuan membaca untuk mencari pengertian secara umum, mencari ide pokok, mencari rincian, memahami kesimpulan dan makna tersirat, mengikuti jalannya argumentasi, hingga mengetahui arah opini, sikap, atau tujuan dari sang penulis konten.

Writing Test

Dalam tes Writing, Anda akan menulis dua buah esai untuk menjawab dua tugas yang berbeda. esai ini disebut dengan juga IELTS Writing Task 1 dan Task 2. Pada tugas esai pertama ataupun Task 1, Anda diwajibkan menulis 150 kata. Sedangkan pada esai kedua atau yang disebut dengan Task 2, Anda wajib menulis lebih panjang yaitu sejumlah 250 kata. Secara utuh, Anda harus menyelesaikan tes Writing dalam durasi 60 menit. Tes ini bertujuan untuk menilai seberapa baik kemampuan Anda menyampaikan pendapat atau memberikan penjelasan dalam bentuk tulisan berbahasa Inggris.

Speaking Test

Maksud tes Speaking adalah untuk menilai kemampuan Anda dalam berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris secara lisan. Kemampuan komunikasi yang jadi faktor penilaian tentunya tidak sembarangan. Untuk bisa meraih skor yang memadai, Anda harus bisa menunjukkan tingkat pemahaman yang baik terhadap soal atau IELTS Speaking Questions yang diberikan. Tanggapan Anda juga harus jelas dan memiliki keterkaitan langsung dengan topik soal tersebut. Jika ingin skor yang lebih baik, grammar serta tenses dan kosakata yang Anda pakai haruslah tepat sasaran. Selain itu amat penting untuk bicara dengan percaya diri, tanpa mengulang-ulang isi pertanyaan penguji atau perkataan Anda sendiri, karena di mata penguji Anda bisa terlihat kurang menguasai cara bicara dalam Bahasa Inggris dengan baik. 

Untuk menghadapi Test IELTS, anda dapat berkonsultasi dengan Yes Study Indonesia, ataupun anda dapat melakukan prediction score terlebih dahulu sebelum anda melakukan Test IELST untuk studi anda ke luar negeri  ataupun untuk studi ke Kanada.

 

Download Tips Menghadapi IELTS : Klik Disini

 

Rujukan : www.iellts.org 

Share: