Home » Kuliah Tanpa IELTS di Luar Negeri? Australia Jawabannya!

Kuliah Tanpa IELTS di Luar Negeri? Australia Jawabannya!

by Khansa Zhafira
Kuliah tanpa IELTS

Yes Study – Kuliah tanpa IELTS untuk persyaratan Kuliah di Luar negeri ? Tentu Bisa. Saat anda memutuskan untuk berkuliah di luar negeri, tentu pastilah dilengkapi dengan banyak daftar persyaratan yang harus dipenuhi sebelum Anda masuk ke dalamnya.

Salah satu persyaratan yang paling umum digunakan adalah nilai tes kemahiran bahasa Inggris yang dibuktikan dengan hasil sertifikat IELTS anda.

Baca Juga: Tips Lulus IELTS. Dijamin Bisa Dapat Skor Tinggi!

Namun, jika anda ingin menghindari opsi tersebut, tidak perlu khawatir, kini ada universitas tertentu di seluruh dunia yang mengizinkan siswa untuk belajar di luar negeri dan kuliah tanpa IELTS. Beberapa diantaranya ada di Australia.

Memang Apa itu Syarat IELTS?

The International English Language Test  atau yang biasa dikenal IELTS adalah salah satu ujian kemahiran bahasa Inggris dan menjadi tes standar yang mengukur kemampuan siswa untuk membaca, menulis sekaligus berbicara bahasa Inggris dengan lancar.

Mencapai skor yang diinginkan dalam tes ini bisa menjadi sangat sulit khususnya bagi non-native speaker english seperti kita. Skor yang dinilai nantinya akan berada dalam skala 1-9.

Yuk Ikut Kelas IELTS Persiapan untuk Kuliah Di Luar Negeri dengan Yes Study!

Daftar Kuliah Tanpa IELTS di Australia

Banyak dari kita yang ingin kuliah di luar negeri, memilih opsi lain untuk bisa mendaftarkan diri di universitas impian tapi tanpa mencantumkan syarat hasil skor IELTS.

Beberapa orang memilih opsi untuk memilih opsi lain karena tes IELTS bukan merupakan hal yang murah dan mudah. Ketika anda tidak mencapai skor yang diharapkan, anda harus bersiap mengeluarkan biaya dan mengorbankan waktu lagi untuk mengulang ujiannya yang belum tentu juga akan lulus.

Baca Juga: Tertarik Kuliah di Australia? Ini 2 Universitas Terbaiknya!

Kabar baiknya, ada Australia dalam daftar negara yang memiliki univeristas bergengsi namun tidak perlu untuk melampirkan skor IELTS dalam persyaratannya, beberapa diantaranya adalah:

1. Kuliah Tanpa IELTS di University of Queensland (UQ)

Kuliah Tanpa IELTS

The University of Queensland

University of Queensland (UQ) adalah universitas riset tertua yang terletak di ibu kota Queensland, Brisbane. Selain itu, UQ adalah salah satu universitas tertua dan paling selektif di Australia, yang secara konsisten menempati peringkat teratas dalam peringkat global.

Universitas ini berkomitmen untuk memberikan kesempatan kepada semua mahasiswanya untuk masuk terlepas dari seperti apa kemampuan bahasa Inggris mereka. Sebenarnya skor IELTS biasanya diperlukan untuk sebagai syarat untuk masuk di University of Queensland.

Baca juga: 3 Rekomendasi Negara dengan Biaya Kuliah Termurah Bagian Dua

Namun jangan khawatir, kampus ini menawarkan alternatif lain untuk memenuhi persyaratan bahasa Inggris dari universitas. Jika bahasa Inggris adalah bahasa pengantar di pendidikan Anda sebelumnya, Anda dapat memberikan bukti itu kepada universitas dari berkas yang diserahkan.

Jika Anda belum mengambil IELTS, Anda masih dapat membuktikan kemahiran bahasa Inggris Anda dan kuliah tanpa IELTS dengan menunjukkan salah satu bukti berikut:

  1. Pendidikan Anda sebelumnya diajarkan dengan pengantar dalam bahasa Inggris.
  2. Anda telah memperoleh sertifikat bahasa Inggris lain yang relevan atau menunjukkan nilai bahasa Inggris Anda yang tinggi pada pendidikan sebelumnya.
  3. Anda telah memperoleh gelar sarjana atau magister dari institusi terakreditasi yang diakui oleh University of Queensland.

Baca Juga: Dikenal Bermartabat, Ini 3 Universitas Terbaik di Inggris 2021

2. The University of Adelaide

Kuliah tanpa IELTS

The University of Adelaide

University of Adelaide merupakan salah satu universitas negeri di Adelaide, Australia Selatan. Kampus ini Didirikan pada tahun 1874 dan menjadi universitas tertua ketiga di Australia. Hal ini dikaitkan dengan lima penerima Nobel dan 104 penerima beasiswa Rhodes.

Kabar baiknya, kuliah tanpa IELTS di sini juga sangat memungkinkan. Universitas Adelaide akan meminta anda untuk mengikuti kursus persiapan bahasa inggris yang telah disediakan ketika bahasa inggris anda masih kurang baik.  Program ini akan memakan waktu selama satu tahun akademik penuh atau dua semester.

Baca Juga: Kuliah di Inggris? Di University College London (UCL) Aja!

Selanjutnya pada setiap akhir semesternya, akan ada tes untuk mengukur peningkatan bahasa Inggris Anda. Jika Anda menunjukkan keterampilan luar biasa pada akhir semester pertama, anda akan dianggap mahir dan tidak perlu lanjut kursus di semester keduanya.

Namun, perlu diperhatikan bahwa jika Anda tidak lulus ujian akhir, Anda tidak akan diizinkan untuk belajar di kelas reguler kuliah sampai anda bisa melewati tes bahasa inggris ini.

Daripada ribet, Yuk Ikut Kelas IELTS Persiapan untuk Kuliah Di Luar Negeri dengan Yes Study!

You may also like

Leave a Comment