Home Lifestyle Mengenal Kampus Elon Musk, University of Pennsylvania

Mengenal Kampus Elon Musk, University of Pennsylvania

by Khansa Zhafira
University of Pennsylvania

Yes Study –  Siapa sih yang tidak ingin tahu kampus Elon Musk yang berhasil membentuk pola pikirnya menjadi salah satu pebisnis paling sukses di dunia yaitu University of Pennsylvania atau biasa dikenal dengan sebutan Penn.

Elon Musk lahir dari ibu yang memiliki kebangsaan Kanada dan ayah yang berkebangsaan Afrika Selatan dan dibesarkan di Pretoria, Afrika Selatan. Dia sempat kuliah di University of Pretoria sebelum akhirnya pindah ke Kanada pada usia 17 tahun untuk kuliah di Queen’s University di Kingston, Ontario, Kanada .

Baca Juga: Ini Dia 2 Kampus Warren Buffet, Si Bapak Saham Dunia

Barulah dia pindah ke kampus di Pennsylvania ini dua tahun setelahnya,  dan lulus dengan menerima gelar sarjana di bidang ekonomi dan fisika pada tahun 1997. Tertarik dengan kampus tempat Elon Musk mendapatkan gelar sarjana, Yuk simak fakta-fakta kampus ini:

University of Pennsylvania Termasuk Anggota Ivy League

University of Pennsylvania merupakan salah satu kampus dari anggota universitas elit Ivy League serta termasuk universitas riset swasta yang berlokasi di kota Philadelphia. Didirikan pada tahun 1740 oleh Benjamin Franklin, salah satu pendiri Amerika Serikat, yang ingin sekali mendirikan sekolah untuk mendidik generasi mendatang.

Dimana saat itu, Benjamin Franklin mengajukan konsep pendidikan tinggi yang berfokus tidak hanya pada pendidikan pendeta, tetapi pada pengajaran pengetahuan seni dan humaniora, serta keterampilan praktikal yang dibutuhkan untuk seseorang bisa bekerja dan memberikan manfaat bagi masyarakat lainnya.

Baca Juga: Kenalan Sama Tsinghua University, Kampus Populer di China

Memiliki Reputasi Universitas yang Bagus

Penn yang sudah jelas terdaftar sebagai salah satu dari anggota kampus elite Amerika Serikat atau Ivy League ini juga memiliki peringkat dunia yang sangat tinggi berdasarkan penilaian dari QS World University Rankings 2021 yaitu peringkat 16.

Selain itu, kampus Elon Musk ini juga memiliki peringkat nasional yang cukup bagus yaitu ke-7 terbaik. Angka peringkat ini merupakan peringkat yang cukup baik bahkan di antara universitas anggota Ivy League lainnya seperti Yale dan Columbia University.

Tertarik Kuliah di Luar Negeri? Yuk Konsultasikan Pendidikanmu dengan Yes Study!

Ditambah, jika Anda mencari kampus yang bisa memberikan kesempatan bagi Anda untuk melakukan riset dan penelitian terbaru, maka kampus Elon Musk ini bisa menjadi bahan pertimbangan destinasi Anda untuk kuliah di luar negeri.

Hal ini karena riset di Penn cukup masif sehingga dapat memberikan kesempatan bagi mahasiswanya untuk meneliti sekaligus memberikan solusi terkait permasalahan dunia yang sedang di hadapi.

Jurusan di University of Pennsylvania

Kampus ini memiliki 12 jurusan atau sekolah yang bisa Anda pilih untuk melanjutkan studi Anda yaitu, Lima jurusan yang menawarkan studi untuk gelar sarjana dan pascasarjana serta tujuh lainnya hanya menawarkan studi pascasarjana.

Program pascasarjana Penn ini termasuk Wharton School, School of Education, School of Engineering and Applied Science, Law School dan juga School of Medicine. Ditambah ada pula School of Design dan School of Dental Medicine. Menarik sekali bukan?

Baca Juga: Kenalan Sama The University of Melbourne, Kampus Beken di Australia

Tingkat Penerimaan Mahasiswa

University of Pennsylvania memiliki peminat yang sangat tinggi setiap tahunnya sehingga menjadi sangat selektif dalam proses seleksinya dimana tingkat penerimaan atau acceptance rate kampus ini per tahun 2021 hanya 9.3% yang sebagian besar didominasi oleh warga asli setempat atau warga Amerika Serikat.

Lingkungan Sekitar Universitas

University of Pennsylvania

Kota Philadephia

Kampus inti Penn ini mencakup lebih dari 279 hektar di area yang berdekatan dengan Kota Philadelphia bagian Barat. Semua bangunan sekolah Penn dan sebagian besar lembaga penelitiannya terletak di kampus ini.

Selaion itu, kampus ini memiliki lingkungan perkotaan yang cukup kental dan juga ramai sehingaa cocok sebagai destinasi belajar siswa untuk melanjutkan studi termasuk dengan lingkungan sekitarnya yang penuh dengan restoran dan pub, supermarket besar hingga bioskop.

Tertarik Kuliah di Luar Negeri? Yuk Konsultasikan Pendidikanmu dengan Yes Study!

Kehidupan Mahasiswa di University of Pennsylvania

Selain riset dan penelitian yang masif, University of Pennsylvania juga selalu mendukung kegiatan mahasiswa di luar aktivitas akademiknya di ruang belajar. Dimana, kampus Elon Musk ini memiliki “The Penn Quaker” yang merupakan nama dari seluruh aktivitas olahraga di kampus ini.

Penn Quaker memiliki lebih dari 25 jenis olahraga seperti baseball, basket, lari lintas alam (Cross Country), anggar, sepak bola, sprint football, golf,  Lacrosse, rowing berat dan ringan, berenang dan menyelam, tennis hingga gulat ini bisa Anda ikuti semua saat bergabung menjadi anggota dan bagian dari kampus ini. Hebatnya semua kegitana olahraga profesional dari kampus ini didukung penuh dan diberikan fasilitas oleh kampus.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Kuliah Di Jerman Adalah Pilihan Terbaik!

Bahkan , kampus ini. berada pada Divisi I NCAA yang bersaing di Ivy League , dan menjadi sangat terkenal karena tim bola basket dan lacrosse mahasiswanya yang sukses. Sekolah ini juga menawarkan sejumlah klub dan organisasi, mulai dari kelompok pertunjukan seperti Klub Dansa Latin & Ballroom hingga publikasi siswa seperti Penn Political Review.

Penn bekerja sama dengan wilayah Philadelphia Barat melalui layanan masyarakat dan kelompok advokasi agar mahasiwanya menjadi pribadi yang lebih aktif dan bermanfaat.

Kehidupan mahasiswa di University of Pennsylvania ini akan membuka peluang mahasiswa untuk menemukan minat dan kegiatan baru yang berlimpah, melalui beragam aktivitas sosial, politik, agama, hingga budaya. Bahkan kampus ini memiliki pusat budaya dan museum unik yang mahasiswanya bisa mengembangkan diri dalam bidang seni dan peran.

Tertarik Kuliah di Luar Negeri? Yuk Konsultasikan Pendidikanmu dengan Yes Study!

 

 

You may also like

Leave a Comment